Sabtu, 03 Mei 2014

Jenis Jenis Tanah & Penjelasannya

Berbicara tentang tanah, pasti terngiang dibenang anda tentang ragam dan macam tanah. nah, dari itu dibawah ini saya akan menerangkan beberapa macam dari tanah. check it out!
Lapisan-Lapisan Tanah


Ada bererapa jenis-jenis tanah yang ada di bumi. Jenis-jenis tanah tersebut adalah : 

1.  Tanah Kapur
Tanah kapur adalah tanah yang terbuat dari pelapukan batuan kapur. Tanah kapur sangat mudah dilalui oleh air dan sedikit sekali mengandung humus. Tanah jenis ini cocok untuk pertumbuhan pohon jati. 

2. Tanah Humus 
Tanah Humus adalah tanah yang berada di lapisan atas bumi, bersifat gembur dan warnanya gelap. Tanah humus terbentuk dari pembusukan tumbuhan-tumbuhan yang telah mati. Tanah humus banyak ditemukan di hutan tropis termasuk di Indonesia. Inilah mengapa Indonesia dijuluki tanah surga, karena tanahnya sangat subur. 

3. Tanah Vulkanik 
Tanah Vulkanik biasanya banyak dijumpai di lereng gunung berapi. Tanah ini terbentuk dari material abu yang tertinggal setelah terjadi letusan gunung berapi. Tanah ini memang bersifat sangat subur dan sangat cocok untuk bercocok tanam. Warga Daerah Istimewa Yogyakarta sangat bersyukur karena dianugerahi gunung berapi yang setelah meletus dapat membuat tanah subur. 

4. Tanah Gambut 
Tanah gambut adalah tanah yang terbentuk di daerah rawa. Tanah ini bersifat asam, bertekstur lunak, basah dan berwarna gelap. Tanah gambut kurang subur sehingga tak cocok untuk pertanian.

5. Tanah Pasir 
Tanah Pasir bersifat porous atau sangat mudah dilalui air. Tanah ini terbentuk dari pelapukan batu-batuan. Tanah pasir sangat kurang baik bagi pertanian, karena hanya sedikit sekali mengandung humus, tetapi cocok untuk bahan bangunan. Memang pasir adalah bahan yang utama untuk membuat bangunan. 

6. Tanah Podzolik 
Tanah Podzolik sangat mudah ditemukan di pegunungan yang bercurah tinggi dan juga beriklim sedang. Tanah podzolik ini terbetuk dari pelapukan batuan yang mengandung banyak kuarsa sehingga warna tanah ini kecoklatan. Tanah ini kurang subur karena mineral terbawa oleh air ketika hujan turun.

7. Tanah Liat
Tanah liat atau orang jawa biasa menyebutnya lempung terdiri atas butiran-butiran liat yang halus sehingga bersifat liat. Tanah ini sulit sekali dilalui air dan bahkan tidak bisa dilewati ketika sudah diolah, tanah liat mudah dibentuk sehingga dimanfaatkan untuk membuat gerabah. 

8. Tanah Laterit
Tanah Laterit adalah tanah yang berada di lapisan tanah bawah. Tanah ini tidak subur dan berwarna kemera-merahan. 

9. Tanah Aluvial
Tanah Aluvial atau disebut juga tanah endapan. Tanah ini terbentuk dari endapan lumpur yang terbawa air hujan ke dataran rendah. Tanah ini sifatnya subur karena terbentuk dari kikisan tanah humus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar